Jumat, 20 September 2013

SALIM MOTIVATION CENTRE(TEORI NLP)

SALIM MOTIVATION CENTRE                Cara manusia memodel dunia

Salah satu pengetahuan dasar dalam mempelajari NLP, adalah mengenali dan memahami bagaimana manusia memodel dunianya sendiri atau dengan bahasa sederhana bagaimana manusia menciptakan realitas dalam dirinya.
Kajian sederhana bagaiamana manusia memodel dunianya dan bagaimana manusia merespon/bertindak , dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
Input :  Visual, Auditory, Kinesthetic, Olfactory, Gustatory
Proses : Neurological Transforms -> First Access -> Lingustic Transform -> MAP
Output : Behaviour, Actions, Repsons
Proses pertama dimulai dari masuknya setiap informasi pada manusia melalui panca indra, kemudian setiap informasi tersebut akan diproses sedemikan rupa sehingga menjadi “MAP” (Realitas Internal ), dan terakhir adalah respons yang keluar berdasarkan MAP yang ada.
Neurogical Transforms adalah suatu proses dimana data-data dari panca indrawi manusia dirubah menjadi serangkaian projeksi kedalam otak, yang kemudian dijadikan First Access, yang lebih dikenal sebagai “Experience” / Pengalaman.
Linguistic Transorms adalah suatu rangkaian transformasi dari F.A. menjuke ke MAP, pada proses ini terjadi filter, yaitu membandingkan data baru dengan yang lama, dan juga membentuk data baru, kemudian setelah terjadi filterisasi akhirnya informasi tersebut dimaknai.
Setiap informasi yang masuk akan kita respon sesuai dengan “makna” yang kitaberikan pada informasi tersebut.
Contoh :
Jika seseorang memanggil anda dengan nada keras, bagaimana respon anda?
Jika seseorang yang anda sapa, membalas dengan wajah yang datar, bagaimana respon anda?
Seluruh respon yang anda gunakan saat itu disebabkan karena anda memberikan “makna” terhadap stimulus yang ada saat itu.
Setelah mengenal sekilas tentang bagaimana proses tersebut, kita mulai menyadari bahwa jika ingin memprogram ulang diri kita adalah dengan merubah MAP yang ada, sehingga setiap respon yang kita berikan akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar